Kamis, 17 Mei 2012

Ini 12 Sekolah Berbasis Pesantren yang Diresmikan Kementerian Agama

Jakarta, Jalaludin Rumi. Diresmikannya sekolah berbasis pesantren yaitu Pendidikan Diniyah Formal (PDF) pada tingkat Ula (setingkat MI/SD), Wustho (setingkat MTs/SMP), dan Ulya (setingkat MA/SMA/SMK) oleh Kementerian Agama menandai komitmen pemerintah dalam pengakuan legalitas pendidikan yang diselenggarakan oleh pesantren. Peresmian PDF ini digelar di Pondok Pesantren Minhaajurrasyidin, Lubang Buaya, Jakarta Timur, Senin (1/8).

Untuk tahun pertama, Kemenag meresmikan 12 PDF tingkat Wustho dan Ulya dengan memberikan SK izin operasional setelah melalui berbagai syarat yang harus terpenuhi oleh 12 PDF tersebut. Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin seperti yang disampaikan oleh Direktur Pendidikan Diniyah dan Pondok Pesantren Mohsenmenjelaskan bahwa pendidikan berbasis pesantren penting untuk merespon fenomena ulama yang semakin langka.

Ini 12 Sekolah Berbasis Pesantren yang Diresmikan Kementerian Agama (Sumber Gambar : Nu Online)
Ini 12 Sekolah Berbasis Pesantren yang Diresmikan Kementerian Agama (Sumber Gambar : Nu Online)


Ini 12 Sekolah Berbasis Pesantren yang Diresmikan Kementerian Agama

Diterangkannya, langkah formalitas sendiri tidak akan membuat satuan pendidikan tersebut hilang akan karakter pesantrennya. PDF ini tetap akan fokus pada pengajaran kitab kuning namun bersifat formal sehingga lulusan pondok pesantren tetap membawa legalitas ijazah yang diakui negara seperti sekolah umum dan madrasah.

Peresmian ini juga sebagai langkah lanjutan setelah diresmikannya Mahad Aly yang setara dengan perguruan tinggi Islam maupun umum sehingga santri di pondok pesantren tetap bisa terus fokus dengan mengkaji kitab kuning dari Ula (MI/SD) hingga Mahad Aly (perguruan tinggi) tanpa harus bingung soal legalitas ijazah. Sebab ijazah dari berbagai tingkatan pada jalur Pendidikan Diniyah Formal ini telah diakui oleh pemerintah.

Jalaludin Rumi

Berikut 12 satuan Pendidikan Diniyah Formal (PDF) yang telah diberikan SK izin operasional oleh Kementerian Agama:

Jalaludin Rumi

1. PDF Wustho Malindo Manbaul Ulum Pekalongan, Jawa Tengah.

2. PDF Wustho Al-Munawaroh Pekanbaru, Riau.

3. PDF Wustho Apik Kaliwungu, Kendal, Jawa Tengah.

4. PDF Wustho Minhaajurrasyidiin, Lubang Buaya, Jakarta Timur.

5. PDF Wustho Al-Fitrah Surabaya, Jawa Timur.

6. PDF Wustho Nurul Qadim, Probolinggo, Jawa Timur.

7. PDF Wustho Al-Mubarok, Wonosobo, Jawa Tengah.

8. PDF Ulya Salafiyah Parake, Polewali Mandar, Sulawesi Barat.

9. PDF Ulya Minhaajurrasyidiin, Lubang Buaya, Jakarta Timur.

10. PDF Ulya Al-Falah, Jepara, Jawa Tengah.

11. PDF Ulya Al-Munawaroh, Pekanbaru, Riau.

12. PDF Ulya Malindo Manbaul Ulum Pekalongan, Jawa Tengah.

Hadir dalam acara peresmian ini di antaranya Wakil Gubernur DKI Jakarta Djarot Saiful Hidayat, Kepala Sub Direktorat (Kasubdit) Pendidikan Diniyah Ahmad Zayadi, Pengasuh Pesantren Darurrohman KH Syukron Makmun, Kakanwil Kemenag DKI Jakarta Abdurrahman, Ketua Yayasan Minhaajurrasyidiin Nur Faizi Suwandi, Ketua MUI DKI Jakarta KH Syarifuddin Abdul Ghani, Pengasuh Pesantren Minhaajurrasyidin KH Asyari Akbar, dan Asosiasi Pondok Pesantren se-DKI Jakarta.(Fathoni)

Dari (Nasional) Nu Online: http://www.nu.or.id/post/read/70148/ini-12-sekolah-berbasis-pesantren-yang-diresmikan-kementerian-agama

Jalaludin Rumi

Syekh Jalaludin Rumi adalah seorang Sufi dan pemikir hebat, kami adalah pecinta Syech Jalaluddin Ar-Rumy..


EmoticonEmoticon

Nonaktifkan Adblock Anda

Perlu anda ketahui bahwa pemilik situs Jalaludin Rumi sangat membenci AdBlock dikarenakan iklan adalah satu-satunya penghasilan yang didapatkan oleh pemilik Jalaludin Rumi. Oleh karena itu silahkan nonaktifkan extensi AdBlock anda untuk dapat mengakses situs ini.

Fitur Yang Tidak Dapat Dibuka Ketika Menggunakan AdBlock

  1. 1. Artikel
  2. 2. Video
  3. 3. Gambar
  4. 4. dll

Silahkan nonaktifkan terlebih dahulu Adblocker anda atau menggunakan browser lain untuk dapat menikmati fasilitas dan membaca tulisan Jalaludin Rumi dengan nyaman.


Nonaktifkan Adblock